Senin, 15 Juli 2013

HADIST TENTANG KETINGGIAN AL-QUR'AN

Bulan Ramadhan adalah termasuk bulan Al-Qur'an dan juga bulan tilawah yang berarti kita umat muslim selain menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan, baiknya kita memperbanyak membaca dan mempelajari Al-Qur'an. dengan demikian semoga Allah selalu memberikan kita hidayah dan pertolongan-Nya.
Berikut adalah Hadist mengenai ketinggian Al-Qur'an:

1.Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu kitabullah (Al- Qur'an) dan sunnah Rasulullah SAW. (HR. Muslim)
2. Sesungguhnya Allah, dengan kitab ini (Al-Qur'an) meninggikan derajat kaum-kaum dan menjatuhkan derajat kaum yang lain. (HR. Muslim)
Penjelasan: barangsiapa yang berpedoman pada Al-Qur'an dan mengamalkan isinya maka Allah akan meninggikan derajatnya, tapi barangsiapa yang tidak beriman kepada Al-Qur'an maka Allah akan menghinakannya dan merendahkan derajatnya.
3. Apabila seorang ingin berdialog dengan Robbnya maka hendaklah ia membaca Al-Qur'an (Ad-Dailami dan Al-Baihaqi).
4. Orang yang pandai membaca Al-Qur'an akan bersama malaikat yang mulia lagi berbakti, dan yang membaca tetapi sulit dan terbata-bata maka dia mendapat dua pahala. (HR. Bukhari dan Muslim)
5. Sebaik-baiknya kamu adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannnya. (HR. Bukhari)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar